FUEL PUMP V-IXION / VIXION POMPA BENSIN



YUANPAPER Logo
>
KENDARAAN: Old V-ixion kondisi prima / normal, Accu baru, Busi baru, kondisi kelistrikan normal.
JARAK TEMPUH: Berkisar di 35.000.
MASALAH: Stater elektik dan stater kaki normal, tetapi motor tidak mau menyala. Start dorong masih mau menyala pada awalnya.
DUGAAN: Kelistrikan yang tidak normal, tetapi setelah di check, kelistrikan normal.
SOLUSI: Mengganti Fuel Pump, dikarenakan dinamo pada Fuel Pump sudah melemah.
Harga: Rp 650.000 + Ongkos pasang  berkisar Rp 25.000

PENYEBAB FUEL PUMP V-IXION RUSAK

  1. Usia dari sparepart tsb.
  2. Bahan bakar yang kotor, sebagai contoh bahan bakar jenis Premium yang murah meriah.
  3. Sering salah dalam menyalakan motor, karena sebelum men-stater motor agar hidup tidak menunggu lampu indikator padam. Hal ini mengakibatkan kerusakan parah pada usia Fuel Pump tersebut.
  4. CMIIW, setiap service di Bengkel Resmi (BERES), seharusnya membersihkan bagian saringan yang menempel pada Fuel Pump tersebut.  Hal ini sering dilewati oleh sang mekanik. Sering saya menemukan si mekanik hanya membersihkan saringan / filter udara saja, atau bahkan mereka tidak membersihkan bagian itu sama sekali!


Vixion Fuel Pump
Foto dari Fuel Pump V-ixion

CIRI-CIRI PENYAKIT

Tidak terdeteksi, ditandai dengan redupnya head lamp. Karena head lamp tiba-tiba redup, pastinya semua orang akan mengira masalahnya bermuara dari accu.
Selain redupnya head lamp, biasanya akan diikuti dengan kurang optimalnya beberapa perangkat yang membutuhkan aliran listrik seperti klakson, lampu sein dan lainnya. Akibat gejala ini, akan memperkuat dugaan setiap orang bahwa biang keroknya adalah accu. Alhasil, meski telah mengganti accu tetapi masalah tetap ada. Nah, hal ini pasti bakal bikin Bro & Sis stress.
Malah ada yang langsung mengganti kiprok, padahal penyakitnya masih menempel di bodi motor.

"Ternyata bagian Fuel Pump juga memerlukan aliran listrik, karena didapati arus yang dibutuhkan oleh pompa bensin motornya mencapai 6 ampere” ujar seorang mekanik.


KESEDIAAN STOCK FUEL PUMP OLD V-IXION

Dear old Vixion's lovers, harganya lumayan dan barangnya harus inden, dikarenakan alasannya suku cadang sudah jarang, karena model lama. Saya diberitahukan untuk menunggu suku cadangnya minimal 1 minggu (bukan maksimal loh), tetapi disaat saya check di website resmi YAMAHA, memang tidak diketemukan. [Link]

Saya mendapati 2 link untuk sparepart tersebut dengan harga yang cukup jauh berbeda.
Lokal: Lihat klik disini - Rp. 250.000,-
Original: Lihat klik disini - Rp. 650.000,-


KODE SERI: 3C1-E3907-00 - Fuel Pump Comp.
JENIS MOTOR: FZ150 NLC150 V-IXION (Tahun 2007)
Vixion keluaran baru memiliki model yang berbeda - CMIIW.

Vixion Fuel Tank


CARA CEK FUEL PUMP SEGALA JENIS

[ Source ]

Fuel Pump (FP) berperan sebagai penyuplai bahan bakar bertekanan ke Injektor, dan tekanan yang dihasilkan oleh fuel pump di tiap type motor injeksi bisa berbeda., Contohnya: Tekanan FP vixion adalah 250 Kpa , Jupiter Z1 adalah 290 kpa dan Mio J n Soul GT adalah 324 kpa , itu adalah tekanan FP standar-nya, lalu bagaimana kalau tekanan FP nya kurang dari standar-nya ?


Kalo tekanan FP nya kurang dari standartnya biasanya itu ada gejala ‘mbrebet’ mas bro atau kalo parah bisa sampai mogok sepeda motornya :roll: ,memang sih mbrebet / mogok di motor injeksi itu bisa disebabkan dari berbagai faktor, salah satunya ya gara-gara tekanan FP yang gak normal , jadi gambaran sederhananya gini, bensin dipompa oleh FP trus dialirkan menuju Fuel Hose (selang bensin) lalu menuju ke injektor,fungsi tekanan disini adalah agar bahan bakar yang disemprotkan injektor itu menjadi kabut, semakin besar tekanannya maka hasil semprotan injektornya juga semakin bagus tapi kalo tekanan FP nya kurang dari standart nya maka hasil semprotan injektornya juga sudah tidak membentuk kabut lagi tapi kayak menetes gitu karena kurang tekanan , makanya mesin bisa mogok / mbrebet. CMIIW.


Nah sekarang pertanyaannya bagaimana caranya mengetahui tekanan yang dihasilkan FP dimotor injeksi :?: apakah dengan cara menempelkan telinga ditangki BBM trus kontak di ON sambil mendengarkan bunyi Ngguuuinnnggg nya fuel pump :D , kalo bunyi Nggguuuiiiiiinnngg…. nya keras / banter berarti tekanan FP nya normal :mrgreen: , ahhh.. itu mah djadoel mas bero :lol: :mrgreen: sekarang yang pasti-pasti az deh yaitu mengecek tekanan FP menggunakan alat ukur yang namanya Fuel Pressure Gauge . kebetulan di tempat ane sudah ada alat kayak beginian.


Vixion Tank 1
Namanya dan bentuknya

Cara menggunakan nya mudah kok mas bro, tinggal colok-colok az :D , lepas fuel hose dari FP lalu colokin deh fuel pressure gauge nya, ujung yang satu dicolokin di FP dan ujung yang satunya lagi dicolokin ke Fuel hose yg menuju ke Injektor :D

Vixion Tank 2
Jadinya seperti ini.

Nah kebetulan yang dipake praktek kali ini adalah vixion milik teman ane yang odometernya sudah jalan sekitar 43ribu-an km, jadi nggak ada salahnya kita cek sama-sama apakah FP nya masih normal ataukah sudah ‘bermasalah’? FYI tekanan FP Vixion standart adalah 250 kpa.


Vixion Tank 3


Pertama, setelah fuel pressure gauge (FPG) terpasang dengan sempurna lalu putar kunci kontak ke posisi ON ,bisa dilihat digambar bahwa jarum langsung menunjuk ke angka 250 kpa, lalu hidupkan mesin ,lalu buka gas secara perlahan mulai 2000rpm, 3000rpm, 4000rpm..dst sampai limiter ECU bekerja, sambil melihat pergerakan jarum Fuel Pressure Gauge (FPG) nya , jika FP nya normal maka jarum FPG nya akan stabil di angka 250kpa, seperti dilihat pada gambar di rpm 10000 pun jarum masih stabil ,berarti FP nya masih normal bin sehat wal alafiat :D .


Nah sekarang apa saja yang bisa membuat tekanan Fuel Pump menurun dari standard-nya?

1. Bensin habis / mau habis ,jangan berharap tekanan FP bisa normal kalo bensinnya gak ada :D ( paling sering terjadi di bengkel )

2. Filter fuel pump kotor / tersumbat , filter gunanya buat menyaring ‘benda asing’ di bensin agar tidak masuk ke injektor,tapi kalo filter sudah terlalu kotor juga bisa menghambat ‘sedotan’ dari fuel pump itu sendiri sehingga tekanannya pun ikut menurun :D ( ini juga banyak terjadi )

3. Aki tekor , motor FI sangat tergantung pada aki / baterai sebagai sumber listriknya karena aki akan ‘membagi’ tegangan listriknya ke semua sensor-sensor dan ECU agar semua sistem FI bisa berjalan dgn semestinya, jadi kalo bisa jangan memasang ‘aksesoris motor’ yang menambah ‘beban’ kerja aki sehingga aki tidak cepat tekor. (banyak juga terjadi)

4. Fuel pump sudah rusak / tidak berfungsi dengan baik (paling apes nih :D ) , mau gak mau mas bro harus beli fuel pump baru . (jarang terjadi tapi ada yang pernah ngalamin :D )

5. (Silahkan di isi sendiri)


BACA JUGA:


LOAD DISCUSSION