Popular Posts

Powered by Blogger.

Warna Lidah Mendeteksi Penyakit

Author:




Beberapa jenis penyakit dihat dari warna lidah. Lidah merupakan alat pengecap makanan. Jika lidah ini tidak berfungsi, dengan sendirinya akan berpengaruh terhadap rasa makanan ataupun selera makan kita. Tidak berfungsinya lidah sebagaimana mestinya disebabkan adanya kelainan atau penyakit. Penyakit pada lidah itu bermacam-macam, seperti atropic glossitis, glossopyrosis, fissured tongue, dan sebagainya.


Lidah sebagai Pendeteksi Penyakit

Lidah dapat berfungsi sebagai komponen pendeteksi penyakit pada tubuh. Hal ini bisa dilihat dari warna lidah kita. Normalnya, lidah manusia berwarna merah muda. Namun, ada beberapa perubahan warna pada lidah yang dapat mengindikasikan adanya suatu gangguan tertentu.

Warna - warna lidah sebagai berikut:

Lidah Warna Putih

Jika warna lidah berubah menjadi putih, biasanya ia menderita tifus. Warna putih pada lidah juga bisa menandakan gejala flu atau gangguan pencernaan. Jika lidah putih tipis-tipis, biasanya penderita mengalami kekurangan darah.

Lidah Warna Kuning

Apabila lidah terlihat berwarna agak kekuningan, hal ini mengindikasikan adanya infeksi bakteri. Apabila warna kuningnya agak kehijauan, berarti terjadi infeksi bakteri akut. Warna kuning pada lidah juga bisa menandai bahwa kondisi panas tubuh yang berlebihan. Hal ini bisa terjadi karena sering merokok, mengonsumsi makanan pedas atau alkohol, dan bisa juga karena mengalami stres.

Lidah Warna Merah

Warna merah pada lidah mengindikasikan aktivitas panas pada tubuh. Apabila warna merah hanya di ujung lidah, menandakan adanya panas pada jantung. Bila warna merah terdapat di sisi kanan dan kiri lidah, berarti terjadi ganguan ginjal dan kandung empedu.

Lidah Warna Biru

Warna biru pada lidah menandakan adanya statis darah atau dingin. Namun jika warna biru keunguan, berarti kondisi penderita lebih parah.

Lidah Warna Ungu

Warna ungu pada lidah, mengindikasikan aliran darah tidak lancar atau demam pada penderita. Apabila semua bagian lidah berwarna ungu, organ dalam penderita tinggi mengalami panas tinggi.


Macam-Macam Penyakit pada Lidah

1. Sariawan
Sariawan / canker sores / oral candidosis terjadi karena adanya infeksi jamur candida albicans pada membran berlendir mulut. Penyebab dari sariawan ini adalah diantaranya: kekurangan vitamin C, alergi, mengkonsumsi makanan / minuman yang terlalu panas, kekurangan asupan zat besi, atau bisa juga disebabkan oleh penurunan daya tahan tubuh. Pada dasarnya sariawan merupakan luka terbuka yang bisa menimbulkan rasa nyeri. Dalam ukuran kecil dengan diameter kurang dari 1 cm, sariawan bisa muncul dalam satu kelompok yang terdiri dari 2 - 3 luka yang biasanya akan sembuh dalam waktu kurleb 10 hari tanpa meninggalkan bekas.


2. Geographic tongue

Geografic tongue

Geographic tongue merupakan peradangan pada lidah yang biasanya bersifat kronis dan terjadi jika ada gangguan pada saluran cerna. Dinamakan geographic tounge karena bercak pada lidah tampak seperti pulau-pulau. Bagian pulau itu berwarna merah dan lebih licin. Pada kondisi lebih yang lebih parah, daerah berbentuk pulau akan dikelilingi lapisan tebal berwarna putih. Penyakit lidah ini bisa terjadi akibat alergi.


3. Peradangan pada lidah (Atrophic glossitis)

Atropic glossitis

Atrophic glossitis adalah suatu penyakit yang ditandai dengan kondisi lidah yang kehilangan rasa karena degenerasi ujung papil (bagian menonjol pada selaput yang berlendir di bagian atas lidah).
Penderita yang mengalami penyakit ini, lidahnya akan tampak licin dan mengkilat, baik seluruh bagian lidah maupun hanya sebagian. Penyakit ini sering kali timbul akibat kekurangan zat besi. Oleh karena itu, penyakit ini banyak ditemukan pada penderita anemia.


4. Fissured tongue

Lidah dengan fisura / Scrotal Tongue

Fissured tongue atau lidah retak-retak merupakan penyakit pada lidah yang membuat lidah tampak seperti terbelah atau retak-retak. alur - alur ini maka dapat menyebabkan penumpukan debris di dalamnya yang kemudian bisa mengakibatkan iritasi. Garis retakan yang muncul jumlahnya kadang hanya satu dan berada di tengah lidah. Namun bisa juga bercabang-cabang. Kondisi ini tidak terlalu membahayakan, tapi sewaktu-waktu dapat menimbulkan perih dan nyeri di lidah.


5. Lidah berselaput (Coated tongue)

Lidah berselaput

Penyebabnya adalah jamur yang disebut candida albicans.. gejalanya lidah akan tampak tertutup lapisan putih yang dapat dikerok. Lidah berselaput merupakan kondisi klinis pada dorsum lidah tampak tertutup oleh suatu lapisan yang umumnya berwarna putih atau mengikuti warna dari jenis makanan atau minuman yang dikonsumsi. Selaput lidah ini bisa terjadi pada orang yang mengalami penyakit kronis dan sistemik, dehidrasi, dan penyakit infeksi.


6. Glossopyrosis
Pada penderita glossopyrosis, lidah mereka akan terasa perih dan terbakar, namun tidak ditemukan gejala apa pun dalam pemeriksaannya. Penggunaan obat kumur dalam jangka yang sering, ditambah jika cairan obat kumur tersebut masih sangat pekat, bisa menimbulkanglossopyrosis pada lidah.
Glosoptosis merupakan penyakit pada lidah yang berupa lidah yang tertarik ke belakang. Pada bayi baru lahir atau pada anak - anak kondisi glosoptosis sangan berbahaya karena bisa saja sewaktu-waktu lidahnya menutup saluran nafas yang bila tidak segera ditangani dengan benar bisa menyebabkan kematian.


7. Kanker lidah

Kanker Lidah

Kanker lidah adalah kanker kedua terbanyak setelah kanker bibir sebagai tempat kanker primer. Tembakau dan alkohol merupakan dua hal yang disinyalir sebagai pemicu semakin. Kanker lidah merupakan suatu neoplasma (pertumbuhan jaringan baru yang tidak normal) malignat yang muncul dari jaringan epitel mukosa lidah. Penyakit kanker lidah sering menjangkiti para perokok. Penyebab utama yang menimbulkan kanker lidah adalah tembakau dan alkohol. Namun, ada juga hal lain yang memicunya seperti jarang merawat kebersihan mulut, pemakaian gigi palsu yang tidak sesuai, serta radang kronis.
Gejala kanker pada mulut dapat terlihat dari sejumlah ketidaknormalan yang terjadi pada mulut. Seperti pembengkakan pada mulut, perdarahan yang tidak jelas sebabnya, timbulnya rasa nyeri di bagian yang ditumbuhi sel kanker, suara jadi serak berkepanjangan, dan mengalami kesulitan untuk mengunyah, menelan, dan bahkan berbicara.

Penyebab Kanker Mulut
Timbulnya kanker mulut (lidah dan sebagainya) disebabkan pertumbuhan sel-sel yang tidak terkontrol dan membuat gangguan pada jaringan sekitarnya seperti kepala dan leher. Sel-sel normal memiliki siklus hidup-mati. Namun, itu tidak terjadi pada sel penyebab kanker mulut.

Mereka terus bermutasi, menyebar, dan menyerang organ-organ sekitar sehingga menyebabkan kondisi abnormal dalam mulut. Penyebab timbulnya kanker mulut tersebut bisa disebabkan karena konsumsi alkohol, konsumsi tembakau baik dengan merokok atau menginang, bibir terlalu sering kena sinar matahari atau karena faktor keturunan.


8. Oral candidosis

Oral candidosis

Istilah lain : Oral Candidiasis / Oral Thrush (kandidiasis oral, kandidiasis mulut)
Lokasi : rongga mulut (termasuk lidah, langit-langit mulut, tonsil, gusi)
Kelainan kulit : bercak-bercak putih di dalam mulut, termasuk bibir, lidah, langit-langit mulut, gusi, dan tonsil/amandel

Oral thrush adalah penyakit infeksi pada rongga mulut yang disebabkan oleh infeksi jamur Candida albicans. Oral thrush sering terjadi pada neonatus (bayi baru lahir), balita, anak yang mendapatkan antibiotik dan kortikosteroid (kortikosteroid oral maupun inhalasi), anak dengan gangguan sistem imun, dan manula.
Penyakit ini ditandai dengan plak-plak putih dari bahan lembut menyerupai gumpalan susu yang dapat dikelupas, yang meninggalkan permukaan perdarahan mentah.

Penyakit ini biasanya menyerang bayi yang sakit atau lemah, individu dengan kondisi kesehatan buruk, pasien dengan tanggap imun lemah, serta kurang sering, pasien yang telah menjalani pengobatan dengan antibiotik. Trush (suatu infeksi jamur di mulut) disertai luka di mulut dan peradangan gusi, bisa merupakan pertanda awal dari adanya gangguan sistem kekebalan.


9. Makroglosia
Mkroglosia merupakan penyakit sebagai akibat dari pembesaran lidah yang mungkin merupakan bagian dari suatu sindroma yang ditemukan dalam keadaan tumbuh - kembang seperti sindroma dowm. Pembesaran lidah ini bisa juga sebagai akibat dari tumor (hernangioma atau limfangioma), penyakit metabolik (seperti amilodosis primer) atau gangguan endokrin (seperti halnya akromegali ataupun kretinisme)


10. Mikroglosia
Bila makroglosia merupak penyakit pada lidah yang berupa pembesaran lidah, maka mikroglosia adalah kebalikannya. Mirkoglosia merupakan penyakit pada lidah yang berupa pengecilan ukuran dan bentul lidah.



VIDEO Cara Merawat Lidah


Beberapa ungkapan tentang lidah… tanaman yang ujung daun-nya lancip dan panjang dinamakan “lidah mertua”. Ada cerita tentang “si pahit lidah”. Kemudian adalagi ketrampilan “bersilat lidah”.


Jadi, selagi kita sehat kita harus ingat menjaga kesehatan. Nah, sekarang bila kita sakit kita harus kemana? Kalau warna lidah kita memang sedikit ada gangguan, kita harus kemana? Selama ini kita merasa di tubuh kita ada sesuatu yang kurang sehat, dan secara kebetulan warna lidah kita tidak normal ... Kita harus kemana dan bagaimana?

Sebaiknya secepatnya periksakan ke Dokter atau bisa juga Dokter Umum. Dan alternatif lainnya bisa "Tusuk Jarum" yang biayanya berkisar di antara Rp 30.000,-. per satu kali datang. Atau bisa juga dengan metode "Pijat Refleksi".

Bila anda memilih tusuk jarum, maka sebaiknya anda sudah mengetahui keluhan - keluhannya. Bila anda belum yakin penyakit apa yang anda rasakan, bisa juga melalui "Pijat Refleksi" (yang dari kaki). Pijat refleksi itu lebih ampuh dalam mendeteksi penyakit. Tetapi pengobatan dengan metode dengan "tusuk jarum" sangat baik juga dalam proses penyembuhan. Dan disamping itu jangan lupa buah-buahan, sayuran dan vitamins.

Rolling Stone


Tags : Penyakit-penyakit pada lidah , Indikasi penyakit dari lidah , warna lidah ungu , warna lidah keunguan , keungu-unguan , warna lidah keputih putihan , Penyakit pada lidah. Penyakit lidah. Lidah. Gambar lidah sehat , Penyakit lidah pada anak , Tumor pada lidah , sakit lidah , Kelainan pada lidah , Kesehatan lidah , Penyakit lidah , perawatan lidah , Cara merawat lidah , Penyakit luka pada lidah , Penyebab nyeri di lidah




< >